jasa taman jogja,tukang taman jogja,ahli taman jogja,jasa taman sleman,jasa taman yogyakarta

Percantik Kolam Koi Dengan Berbagai Tanaman

08/10/2020 140

Selain menambah keindahan, tanaman air juga mampu menambah kualitas kolam agar kehidupan koi jadi lebih baik. Hanya saja, pemilik kolam mesti memerhatikan spesies tanaman yang cocok hidup berdampingan dengan koi. Mereka juga mesti memahami tata letak yang tepat.

Keuntungan atau Manfaat Tanaman Air untuk Kolam Ikan Koi

Kolam koi apa pun akan lebih mantap jika diberi tambahan berupa tanaman air. Tanaman ini mampu meningkatkan produksi oksigen, meneduhkan, serta menjaga kelancaran aerasi bagi koi. Di musim semi, tanaman yang terendam bisa menjadi ‘tempat bertelur darurat’.

Eksistensi tanaman dalam kolam juga membantu mengendalikan pertumbuhan ganggang. Fotosintesis ganggang bisa terhalang karena akses cahaya mataharinya juga terhalang. Selain itu, tanaman air bisa berperan sebagai ‘filter natural’, yang menyerap nitrat berbahaya serta mencegah tumbuhnya gulma kolam. Jadi, bermanfaat juga sebagai tanaman pembersih dan penjernih air kolam koi.

Floating Plants/ Tanaman Mengapung (Mengambang)

Sesuai sebutannya, tanaman ini memang mengambang bebas di permukaan air. Akar mereka ada yang tertancap di dasar lumpur, ada juga yang menggantung. Tanaman jenis ini biasanya mudah dirawat. Mereka juga bisa memperkaya keindahan warna bersama koi. Selain itu, keberadaan tanaman ini bisa menyaingi alga. Malah, tanaman ini bisa menyaring kadar fosfat dan nitrogen dalam kolam.Berikut ini beberapa tanaman mengambang yang menjadi rekomendasi:

1. Water Hyacinth/ Eceng Gondok

Tanaman populer ini sering dipilih orang untuk menemani koi di kolam. Akar mereka yang mirip sarang berada di dalam, sementara bunganya tumbuh dengan warna biru atau ungu. Selain untuk memperindah, eceng gondok juga mampu menyaring kolam dari nutrisi yang berlebih. Kelebihan eceng gondok yakni cepat tumbuh dan bereproduksi. Sementara kekurangannya terletak dari pertumbuhannya yang seringkali di luar kontrol.

2. Water Lettuce/ Selada Air

Seperti eceng gondok, tanaman ini juga mengapung dengan bebas. Mereka lebih senang tumbuh di iklim hangat. Kelebihannya, yakni mampu memberikan keteduhan serta membantu menghalangi ikan dari para predator. Sementara kekurangannya terletak pada sifatnya yang bisa jadi invasif dan sulit dikendalikan.

3. Water Lily/ Teratai

Tanaman ini juga sering menjadi rekomendasi para penambak koi. Keberadaan mereka bisa menambah nilai estetika kolam. Namun yang lebih penting dari itu, lili air juga bisa mengasimilasi kelebihan nutrisi. Hanya saja, anda perlu memerhatikan pertumbuhannya yang sering berlebihan.

4. Lotus/ Seroja

Selain lili air, teratai juga menjadi pilihan utama untuk menghiasi kolam ikan koi. Daunnya yang lebar sangat cocok menjadi peneduh di kala panas. Selain itu, teratai juga bisa menambah keindahan dan aroma harum. Tetapi anda perlu mengawasi pertumbuhannya. Teratai memerlukan banyak sinar matahari dan kelembabannya rendah.

5. Water Poppy/ Poppy Air/ Hydrocleys nymphoides

Tanaman ini memiliki daun oval yang mungil. Sementara itu, bunganya yang kuning bisa menambah keindahan kolam. Jika cuacanya panas, tanaman ini semakin terangsang untuk tumbuh. Hanya saja, pippy air rentan terhadap salju.

Tanaman Air Rawa (Dangkal)

Tanaman semacam ini biasanya menghiasi tepian kolam. Jaraknya hanya beberapa inci dari air. Tak ayal kalau mereka cenderung subur. Berikut ini contoh tanamannya:

6. Umbrella Palm/ Rumput payung

Sesuai namanya, bentuk tanaman ini menyerupai payung dengan tangkainya yang panjang. Tumbuhan semak dan akuatik ini tumbuh sempurna di kawasan tropis dengan perairan dangkal. Sangat bagus jika tumbuh di tepian kolam. Namun tanaman ini memiliki kedalaman terbatas, hanya sekitar 15 cm kurang. Bagus jika ditempatkan di pinggir kolam ikan koi.

7. Water Iris/ Iris Jepang

Iris memiliki beberapa spesies pilihan. Biasanya para pemilik kolam memfavoritkan tanaman ini, karena bisa membuat kolam jadi enak dipandang. Daun iris air panjang dan lancip. Warna bunganya berbeda-beda, tergantung spesies. Ada yang biru, keungu-unguan, kuning, atau putih. Selain unggul dari segi estetika, iris air juga mampu memberantas racun dalam kolam. Hanya saja, tanaman ini rentan terhadap hama.

8. Horsetail/ Ekor Kuda

Tanaman dengan batangnya yang mirip bambu, karena hijau ramping dan tampak berbuku ini – cenderung cepat tumbuh. Selain menambah keelokan kolam, ekor kuda juga bisa menjadi filter natural yang efektif. Namun perlu pengelolaan yang baik agar pertumbuhannya terkendali.

Baca Jugahttps://jasatamanprofesional.com/




Copyright 2020 Jasa Taman Yogyakarta.
All rights reserved. Website by Jogja Media Web.
Today Visitors: 8 Total Visitors: 2223 Online Visitors: 1